Uncategorized

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Baik

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Baik-Tingginya kebutuhan ekonomi mengharuskan Anda menemukan cara agar bisa lebih menghemat keuangan rumah tangga. Segala rumus bisa digunakan termasuk menghitung pendapatan dan juga besarnya kebutuhan perbulan. Tentu saja cara mengatur keuangan rumah tangga harus Anda diskusikan dengan pasangan agar bisa saling mendukung. Dengan begitu masalah defisit anggaran tidak akan terjadi dan segala kebutuhan dapat terpenuhi.

Banyak yang beranggapan bahwa gaji yang kecil bisa membuat masalah keuangan dalam rumah tangga. Ini tentu saja tidak benar. Ini bisa juga dikarenakan tidak pintar mengatur uang belanja. Jadi seberapa besar gaji yang didapat tetap akan habis karena pengeluaran melebihi budget. Jika Anda ingin menghindari masalah tersebut, bisa gunakan 3 cara mengatur keuangan rumah tangga berikut ini:

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

  1. Mengurangi kebiasaan makan di luar

Hang out dan makanĀ  di luar bersama teman memang tidak ada salahnya. Namun, bila dilakukan terlalu sering maka bisa membuat keuangan jebol. Untuk menghemat biaya rumah tangga, biasakan makan di rumah bersama keluarga. Selain pengeluaran berkurang, masakan buatan rumah juga terjamin kesehatan dan kebersihannya.

  1. Penghasilan tambahan

Daripada Anda menggunakan waktu luang untuk bermain dan melakukan aktivitas yang tidak penting, alangkah lebih baik jika menggunakannya untuk mencari pekerjaan tambahan. Banyak jenis pekerjaan yang bisa Anda dapatkan sesuai dengan kemampuan Anda. Dengan begitu tidak hanya akan terhindar dari defisit keuangan, jumlah tabungan Anda pun akan bertambah.

  1. Rencanakan belanja bulanan

Salah satu penyebab menipisnya anggaran rumah tangga adalah karena membeli barang yang dirasa tidak begitu penting. Sebelum Anda belanja, catat terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan selama satu bulan. Dan bila memungkinkan carilah mini market yang memberikan harga paling murah. Atau juga bisa memanfaatkan program promo dan bonus.

Tidak mudah memang menerapkan ketiga cara mengatur keuangan rumah tangga diatas. Sudah dipastikan ada saja kebutuhan mendadak yang tidak diketahui besarnya. Karena itulah Anda wajib menyisihkan sebagian penghasilan baik untuk ditabung maupun investasi. Agar keuangan keluarga tetap stabil dan tidak mengalami defisit.

Baca juga : Cara Mengatasi Suami Pelit: Tips Istri Cerdas

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close