Uncategorized

Terapi untuk Anak Klepto Efektif dan Efisien

Terapi untuk Anak Klepto Efektif dan Efisien-Klepto atau kleptomania merupakan gangguan psikis yang menyerang pada kemauan untuk mencuri. Gangguan ini cukup langka di Indonesia. Pencurian yang dilakukan oleh penderita klepto berbeda dengan pencurian pada umumnya. Karena penderita mencuri tanpa berencana untuk mencari untung. Penderita akan melakukan aksinya secara spontanitas ketika ada kesempatan. Setelah mencapai kepuasan diri, penderita akan merasa menyesal serta ingin mengembalikan barang-barang curian. Namun, siklus tersebut terjadi secara berulang-ulang dan terus menerus. Terapi untuk anak klepto lebih baik daripada terapi ketika sudah dewasa. Semakin tua usia semakin sulit untuk disembuhkan.

Terdapat dua cara untuk penyembuhan ini, yang pertama dengan terapi dan yang kedua mengkonsumsi obat-obatan. Jika Anda adalah salah seorang atau keluarga dari orang yang memiliki anak gangguan klepto. Obat-obatan bukanlah penyembuhan yang efektif. Karena penyembuhan yang cukup lama, dan semakin tambah usia dosis yang diminum semakin bertambah pula. Sehingga penderita akan menjadi seseorang yang ketergantungan dengan obat. Obat-obatan yang diberikan biasanya jenis fluvoxamine, fluoxetine, sertraliner, paroxetine, dan lainnya yang berfungsi untuk mengontrol hormon serotonin. Atau hormon pemberi rasa senang, puas, dan emosi.

Terapi untuk Anak Klepto

Terapi untuk anak klepto salah satunya yaitu dengan konsultasi dengan ahlinya. Anak tidak boleh di cap sebagai penjahat untuk masalah ini. Maka sebelum berlanjut pada lingkungan umum. Anak segera disembuhkan dengan terapi yang dilakukan oleh psikiater. Para ahli biasanya melakukan terapi perilaku kognitif. Dimana anak diberi gambaran tentang apa yang telah dilakukan selama ini, dan pengetahuan tentang dampak-dampak apa yang akan diterimanya ketika berurusan dengan hukum. Selain itu, ada terapi relaksasi dimana anak akan mampu mengendalikan keinginan tersebut secara mandiri. Yang terpenting dari semua terapi tersebut adalah kemauan kuat dari penderita untuk sembuh. Percuma jika anak tak ingin sembuh atau merasa dirinya tak mengidap gangguan tersebut, maka terapi yang dilakukan akan sia-sia. Pasalnya, anak akan menolak apapun yang dilakukan oleh dokter.

Terapi keluarga merupakan jenis lainnya terapi untuk anak klepto. Dimana akar dari masalah kleptomania adalah keluarga. Khususnya orangtua menjaga komunikasi baik dengan anak dan melakukan pendekatan penyembuhan secara halus.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Anak Pemarah yang Baik

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close